Sambal Goreng

Bolu Gulung

Bolu atau kue bolu (bhs Inggris : cake) yaitu kue memiliki bahan basic tepung (biasanya tepung terigu), gula, serta telur. Kue bolu serta cake biasanya dimatangkan lewat cara dipanggang didalam oven, meskipun ada juga bolu yang dikukus, umpamanya : bolu kukus atau brownies kukus. Cake yang dihias dengan susunan (icing) dari cream mentega (buttercream), fondant, atau marzipan dimaksud kue tart (kue tarcis).
Cake berhias (kue tart) atau tiada hiasan dipakai untuk makanan penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pesta lagi th.. Dalam resepsi pernikahan ala Barat serta pesta lagi th., upacara pemotongan kue tart adalah satu diantara acara. Di Indonesia, nasi tumpeng kerap menukar peran cake untuk makanan istimewa dalam beragam upacara peringatan. Acara pemotongan kue juga kerap digantikan acara pemotongan tumpeng.
Cake memiliki ukuran besar dengan wujud persegi empat atau bundar ditujukan untuk dipotong-potong saat di jual atau di sajikan. Kue bolu yang digulung serta diisi cream mentega atau selai dimaksud bolu gulung. Beragam jenis puding juga memakai bahan basic potongan kue bolu yang ditempatkan di basic loyang sebelum saat disiram dengan agar-agar.
Daftar isi sembunyikan
1 Tehnik pembuatan
2 Type
3 Dekorasi
4 Variasi
5 Daftar kue bolu serta cake
6 Daftar pustaka
7 Pranala luar
Tehnik pembuatansunting | sunting sumber
Alat pengocok kue (mixer) dipakai untuk mengocok telur atau mentega dengan gula sampai mengembang. Gelembung hawa didalam adonan bikin kue jadi empuk sesudah masak. Menambahkan lemak nabati atau hewani dalam wujud mentega, margarin, santan, atau shortening ke dalam adonan bikin struktur kue jadi lebih lembut. Bahan kimia pengembang (soda kue, baking powder), penstabil (cream tartar), serta pengemulsi (ovalet) kerap ditambahkan ke dalam adonan untuk hasil kue yang tambah baik.
Kombinasi tepung kue siap gunakan (cake mix) tawarkan keringanan dalam pembuatan kue bolu serta kurangi kemungkinan kue jadi tidak berhasil. Satu diantara merk tepung kue siap gunakan yang populer yaitu Duncan Hines, sedang di Indonesia di kenal tepung kue siap gunakan dengan merk Pondan.
Type
Menurut tehnik pembuatan, kue bolu (cake) digolongkan jadi dua grup.
Butter cake atau shortened (krim cake)
Pembuatan kue dimulai dengan mengocok mentega (margarin) dengan gula jadi adonan berupa cream. Cake type ini membutuhkan bahan pengembang berbentuk baking powder atau soda kue. Satu diantara misal butter cake paling simpel yaitu pound cake yang di buat dari mentega, gula pasir, serta tepung terigu dengan takaran masing-masing 1 pon. Resep pound cake zaman dahulu belum memakai bahan pengembang, serta cuma memercayakan mentega yang dikocok sampai lembut.
Sponge cake (foam cake)
Sistem pembuatan dimulai dengan mengocok telur serta gula sampai jadi busa yang halus serta kental. Mentega (margarin) cair atau minyak goreng kerap ditambahkan setelah adonan digabung dengan tepung.
Menurut tehnik pengocokan telur, sponge cake dibagi jadi :
Kue dengan putih serta kuning telur yang masing-masing dikocok dalam mangkok terpisah
Struktur kue yang dihasilkan jadi benar-benar lembut, umpamanya chiffon cake atau angel food cake.
Kuning serta putih telur dikocok berbarengan (Genoise).
Beberapa besar resep kue bolu serta cake memakai kuning serta putih telur yang dikocok berbarengan.
Dekorasi
Cake yang telah masak dilewatkan sampai dingin serta dihias dengan cream mentega atau fondant, dengan penambahan cokelat butir, permen berwarna-warni, serta marshmallow. Hiasan kue tart dimaksud icing (frosting) lantaran biasanya di buat dari adonan gula halus (icing sugar) serta putih telur.
Tak hanya product dari plastik yang dapat dibeli di toko, beragam wujud hiasan serta boneka kecil umumnya di buat dari marzipan atau fondant. Kue pernikahan biasanya di beri hiasan boneka pasangan pengantin, sedang kue tart lagi th. untuk anak-anak di beri hiasan berbentuk ornament, boneka ciri-ciri anime, atau tokoh kartun.
Alat-alat serta bahan yang dibutuhkan untuk hiasi kue :
Lazy susan (piring berputar)
Alat untuk letakkan kue yang mau dihias. Kue diputar pada saat melapisi permukaan kue dengan cream mentega atau ganache (coklat cair) sembari diratakan dengan pisau palet (spatula) atau potongan plastik (scrapper).
Gilingan kue (rolling pin).
Alat untuk menipiskan rolled fondant atau marzipan yang digunakan untuk melapisi permukaan kue atau membuat hiasan kue.
Kantong dekorasi (decorating bag atau piping bag)
Kantong dari kain, plastik, atau kertas untuk diisikan cream mentega.
Spuit (decorating panduan)
Corong beragam wujud untuk keluarkan cream mentega dari kantong dekorasi. Spuit bintang dipakai untuk bikin beragam motif seperti bunga serta binatang, sedang spuit bermulut bundar untuk menulis huruf atau menggambar motif yang halus. Beragam jenis wujud spuit di produksi perusahaan spesialis dekorasi kue seperti Wilton, serta masing-masing spuit mempunyai nomer serta wujud sesuai sama standard internasional.
Coupler
Gelang dari plastik yang sangat mungkin satu kantong dekorasi menggunakan spuit yang berlainan.
Kertas berpola (stencil)
Kertas berpola digunakan untuk menutupi permukaan kue yang mau dihias dengan ayakan tepung gula atau bubuk cokelat. Sisi kertas yang berlubang-lubang membuat motif diatas permukaan kue.
Bermacam cetakan kue kering (cookie cutter)
Cetakan kue kering dari plastik atau logam dipakai untuk bikin hiasan kue seperti beraneka bunga, binatang dari fondant.
Busa styrofoam
Styrofoam yang dipotong persegi atau bundar untuk pengganti kue pada saat berlatih hiasi kue.
Variasi
Sebelum saat dipanggang, adonan cake kerap ditambahkan beragam bahan perasa serta aroma, seperti bubuk cokelat, bumbu kue lapis, daun pandan, pisang, tapai singkong, kacang-kacangan, kismis, serta buah-buahan kering yang lain. Selan itu, kue bolu yang telah masak bisa dibelah dengan cara horizontal untuk diolesi cream mentega, vla, pasta coklat, cream keju, selai, atau diperciki dengan kombinasi sirup atau minuman keras seperti rhum.
Arti cake kerap dipakai untuk beragam type makanan, meskipun bahan serta tehnik pembuatannya tak seperti cake. Cheesecake tak terhitung kue bolu (cake), tetapi kue pai. Fried carrot cake dari Singapura di buat adonan tepung beras serta lobak yang dimasak di wajan seperti kwetiau goreng. Dalam bhs Inggris, rice cake yaitu sebutan untuk beragam type kue memiliki bahan baku beras, sedang fish cake digunakan untuk kamaboko, serta kue diisi potongan ikan seperti risoles atau kroket.

sumber: wikipedia

Komentar