Sambal Goreng

Kroket

Kroket yang sering kita nikmati sebagai camilan ternyata resep aslinya dari Perancis. Bentuknya sangat beragam dan resepnya juga kaya variasi. Mau isi ayam, daging, telur puyuh atau keju.

Camilan yang satu ini memang dikenal sebagai makanan wong londo alias makanan orang Belanda. Jadi agak kebarat-baratan. Tetapi sebenarnya camilan ini berasal dari Prancis dengan nama 'croquette' yang kalau diucapkan berbunyi 'kroket'. Dari Prancis sejak abad 18 kemudian dibawa ke Inggris. Resep aslinya kroket dibuat dari ragout adonan tepung terigu, susu dan daging ayam atau sapi. Setelah dingin,adonan dibentuk, bisa silinder, bulat telur atau oval lalu dilumuri telur dan dibalut tepung panir dan digoreng. Oleh orang Belanda kroket dibuat dengan campuran kentang, dan sering disebut kroket kentang.

Versi asli resep kroket Belanda terbuat dari ragout keju dan berbentuk silinder. Saat masih panas, dan digigit, lelehan keju yang lembut gurih akan keluar. Rasanya? Jangan ditanya lagi, tentu saja uenaak banget! Apapun versinya yang penting kroket sudah jadi variasi camilan lokal Indoensia. Jangan kaget kalau ketemu kroket makaroni atau kroket mi. Rasanya sama enak, bisa dimakan dengan cabai rawit segar atau dicocol mayones atau mustard. 

Komentar